Tips Mencegah Biang Keringat pada Orang Dewasa

Tips Mencegah Biang Keringat
Tips Mencegah Biang Keringat pada Orang Dewasa

Tips Mencegah Biang Keringat – Biang keringat atau miliaria tidak hanya sering terjadi pada anak kecil, tapi juga orang dewasa. Kondisi ini bisa disebabkan oleh cuaca panas dan pakaian yang ketat, sehingga membuat kulit tidak bernapas. Lantas, bagaimana cara mencegah biang keringat pada orang dewasa?

Cara mencegah biang keringat pada orang dewasa

Biang keringat sering terjadi pada negara yang cuacanya panas dan punya tingkat kelembapan tinggi. Kondisi ini disebabkan oleh keringat yang terperangkap tak bisa keluar akibat tersumbatnya kelenjar keringat.

Akibatnya, muncul benjolan kecil berwarna merah dengan jumlah yang cukup banyak. Ruam akibat biang keringat sering menimbulkan rasa gatal serta pembengkakan.

Pada dasarnya, tips mencegah biang keringat pada orang dewasa dan anak kecil hampir sama. Anda perlu mengurangi apa yang menjadi pemicunya.

  • Tidak memakai pakaian yang tebal dan ketat

Alih-alih menggunakan pakaian yang tebal dan ketat, cobalah untuk menggantinya dengan bahan yang lebih tipis dan menyerap keringat.

Selain itu, hindari menggunakan baju berwarna hitam saat cuaca sedang terik agar panas matahari tidak menyerap baju Anda.

Hal ini bertujuan untuk mengurangi produksi keringat dan pakaian Anda tidak menjadi lembap karena basah oleh keringat. Dengan begitu, kulit Anda tetap dapat bernapas dan terhindar dari iritasi.

  • Mandi dengan air dingin

Salah satu cara mencegah biang keringat pada orang dewasa adalah mandi dengan air dingin. Khasiat air dingin yang mengguyur tubuh Anda ternyata mampu membuka pori-pori yang tersumbat.

Selain itu, mandi dengan air dingin juga dapat melembapkan kulit dan membuatnya terasa lebih kenyal. Akan tetapi, biasakan untuk tidak mandi dengan air yang terlalu dingin karena dapat menyebabkan hipotermia.

  • Mendinginkan suhu ruangan

Setelah mandi dan memakai pakaian yang cocok dengan udara saat itu, jangan lupa untuk mengatur suhu ruangan kamar Anda agar tetap sejuk.

Bukankah akan terasa nyaman bila Anda berada di dalam ruangan yang bisa mendinginkan suhu tubuh setelah dari tempat yang panas?

Oleh karena itu, pendingin ruangan akan sangat berguna untuk mencegah terjadinya biang keringat. Jika tidak ada, kipas angin pun bisa Anda pakai untuk tetap mendapatkan sirkulasi udara yang baik.

  • Mengurangi penggunaan krim pelembap

Salep atau krim pelembap yang terlalu banyak dapat menyumbat pori-pori, sehingga keringat pun terjebak dan tidak bisa keluar dari kulit Anda. Kalau sudah begitu, akan muncul benjolan-benjolan biang keringat.

Oleh karena itu, usahakan untuk tidak memakai salep atau krim pelembap terlalu banyak atau tebal agar tidak menghambat jalan keluar keringat Anda. Gunakanlah secukupnya saja.

  • Olahraga di tempat yang teduh

Bagi penggemar olahraga, akan sulit untuk mengurangi aktivitas fisik mereka meskipun cuaca sedang panas-panasnya. Padahal, olahraga saat sinar matahari menyengat justru akan menyebabkan Iritasi Kulit dan produksi keringat yang berlebihan.

Oleh karena itu, usahakan untuk melakukan aktivitas fisik di dalam ruangan atau tempat yang teduh. Bila perlu, sebelum berolahraga, memeriksa suhu di luar juga dapat menjadi salah satu cara mencegah biang keringat pada orang dewasa.

Mengurangi bepergian ke tempat yang mendapatkan sinar matahari terik juga bisa menjadi cara untuk mencegah biang keringat. Akan tetapi, bila Anda merasa tips mencegah biang keringat sulit untuk dilakukan, melakukan beberapa tips di atas pun bisa mengurangi potensi masalah kulit yang satu ini.

No comments yet

leave a comment

*

*

*