Pengertian Fungsi Router dan Cara Pemakaiannya

Pengertian Fungsi Router
Pengertian Fungsi Router dan Cara Pemakaiannya

Pengertian Fungsi Router – Router adalah perangkat keras yang digunakan untuk mengirimkan paket data melalui jaringan atau internet. Proses pengiriman tersebut disebut sebagai routing. Fungsi router pun penting untuk menghubungkan 2 jaringan atau lebih untuk menyalurkan data informasi dari jaringan satu ke jaringan lainnya.

Pengertian router adalah sebuah perangkat keras jaringan komputer yang digunakan untuk menghubungkan jaringan yang sama atau berbeda. Proses pengiriman paket data terjadi melalui 3 lapisan (jaringan internet protocol) dari stack protokol 7-lapis OSI.

Router memiliki fasilitas DHCP atau Dynamic Host Configuration Protocol yang bisa berfungsi untuk digunakan membagi IP address. Ada juga fasilitas NAT atau Network Address Translator yang dapat membagi alamat IP atau koneksi internet ke alamat IP lainnya dalam suatu jaringan tertentu.

Penggunaan router dapat kita temui di kehidupan sehari-hari, misalnya pada gedung perkantoran, bangunan sekolah dan universitas, kegiatan perhotelan dan industri, warung internet atau kedai kopi, dan sebagainya.

Seiring dengan berkembangnya teknologi, router pun juga kian canggih dan modern. Bahkan sudah umum digunakan router dengan fungsi wireless. Hal ini memungkinkan tiap perangkat mampu menangkap sinyal gelombang radio yang dipancarkan router sehingga dapat langsung terhubung ke internet, dengan saluran wireless atau tanpa kabel.

Pengertian Fungsi Router

Lantas apa sebenarnya fungsi router dalam sebuah jaringan? Berikut adalah penjelasan mengenai fungsi-fungsi router selengkapnya.

  • Menghubungan Dua Jaringan atau Lebih

Fungsi utama router adalah untuk menghubungkan 2 jaringan atau lebih. Tujuannya agar dapat mendistribusikan atau mengirimkan paket data dari satu jaringan menuju ke jaringan lainnya. Caranya dengan mengirimkan IP address pada tiap komputer dalam jaringan, bisa secara statis atau melalui DHCP.

  • Mengirimkan Data dari Satu Jaringan ke Jaringan Lain

Router juga memiliki fungsi penting untuk mengirimkan data dari suatu jaringan menuju ke jaringan lain. Router bisa mentransmisikan informasi atau data yang ingin dikirim antar jaringan. Cara kerja fungsi router ini mirip seperti bridge atau jembatan jaringan.

  • Menghubungkan Jaringan Lokal dengan DSL

Router juga memiliki fungsi sekunder lainnya, yakni sebagai penghubung antar jaringan lokal dengan DSL. Router dapat digunakan untuk menghubungkan suatu jaringan lokal dengan koneksi DSL (Digital Subscriber Line). Koneksi DSL ini dikenal juga dengan istilah DSL router.

Pengertian Fungsi Router dan Cara Kerja

Bagaimana cara kerja router? Router digunakan untuk menghubungkan dua jaringan atau lebih untuk mengirimkan data satu sama lain. Singkatnya, data atau informasi ditujukan pada host di jaringan lain, sehingga router akan menjalankan ke jaringan tersebut.

Dari contoh ilustrasi di atas, maka dapat disimpulkan jika ada 2 buah jaringan yang terhubung dengan 1 router. Jaringan sebelah kiri terhubung ke port 1 router 192.168.1.0, sedangkan jaringan sebelah kanan terhubung ke port 2 router 192.155.2.0.

Jika komputer B mengirim data ke komputer C, maka router tidak akan mengirimkan data tersebut ke jaringan lain. Begitu pula jika komputer E mengirimkan data ke komputer D, karena masih dalam satu jaringan.

Namun berbeda jika misalnya komputer E mengirimkan data ke komputer A, maka router akan mengirimkan data tersebut ke komputer A melalui jaringan lain, dari jaringan 2 menuju ke jaringan 1. Begitu pula misalnya jika komputer B mengirimkan data ke komputer D, karena berasal dari jaringan yang berbeda.

Nah itulah info mengenai fungsi router dan penjelasannya pada jaringan komputer dan perangkat lainnya. Adanya router berfungsi untuk membagi IP address dan menghubungkan dua jaringan atau lebih sehingga dapat mengirimkan paket data pada perangkat lainnya.

No comments yet

leave a comment

*

*

*