Hewan Peliharaan Tidak Berbahaya Yang Cocok dipelihara Anak

Hewan Peliaraan
Hewan Peliaraan Tidak Berbahaya Yang Cocok dipelihara Anak

Hewan peliharaan merupakan teman sekaligus media belajar. Dengan memelihara binatang, seorang anak dapat belajar peduli pada kehidupan hewan peliharaannya. Maka dari itu, sebagian orangtua memutuskan memelihara hewan di rumah agar anaknya lebih peka terhadap makhluk hidup.

Ada berbagai jenis binatang peliharaan. Mulai dari anjing, kucing hingga reptil. Nah jika punya balita di rumah, kira-kira hewan peliharaan apa yang aman untuk mereka?

Hewan Peliharaan Tidak Berbahaya

  • Landak susu

Anak-anak pada umumnya suka binatang yang mungil dan menggemaskan. Jika dipelihara oleh anak-anak, bisa memilih hewan peliharaan yang memiliki sifat kurang agresif. Tujuannya agar tidak terjadi serangan yang tidak diinginkan dari binatang tersebut.

Hewan ini merupakan mamalia kecil yang memiliki duri. Namun jangan khawatir, ia tidak akan menyerang jika tidak terlalu diganggu. Perawatan landak susu juga gampang karena mereka tidak butuh banyak perhatian. Namun jika terbiasa berinteraksi dengannya, landak susu bisa jadi hewan yang jinak dan menyenangkan.

  • Guinea babi

Hewan pengerat ini berbentuk mungil mirip dengan tikus. Mereka tidak agresif dan jinak terhadap pemiliknya. Hewan ini dapat bertahan hidup selama 5-10 tahun.

  • Hamster

Hamster terkenal dengan bulu halusnya yang menggemaskan. Mereka nyaman dipegang-pegang, namun beberapa hamster kecil dapat sedikit temperamental.

  • Tikus

Tikus identik dengan hewan nakal si pencuri makanan. Padahal hewan pengerat ini dapat menjadi peliharaan yang lucu abis. Hewan ini suka diajak bermain dengan maianan kecil atau kertas saja. Tikus suka berinteraksi dan sebenarnya cukup cerdas.

  • Gerbil

Gerbil merupakan hewan pengerat yang biasa hidup bergerombol 4-5 ekor. Mereka nyaman saat dipegang, namun harus berhati-hati karena tubuhnya kecil. Usianya bisa mencapai 3-4 tahun.

  • Musang

Musang ialah hewan yang aktif dan tangkas. Bulunya sangat lebas dan halus, membuat musang menjadi hewan menggemaskan. Hewan ini dapat hidup selama 8-10 tahun.

  • Chinchillas

Chinchillas ialah hewan pengerat yang memiliki bulu abu-abu lucu. Bulu disekujur tubuhnya cukup lebat. Ukurannya sekitar sekepal tangan. Hewan ini dapat hidup 10-15 tahun.

  • Pong-pongan atau umang-umang

Hewan ini sering dijuluki sebagai kepiting pertapa. Ia memilik kaki seperti kepiting dan cangkang yang dibawa kemana-mana. Setiap kali malu, ia akan bersembunyi di balik cangkang. Hewan ini dapat menjadi peliharaan yang meyenangkan.

  • Kakatua

Burung ini dapat menjadi hewan peliharaan yang menyenangkan. Hewan ini bisa menirukan berbagai macam suara jika dilatih dengan baik. Pasti anak-anak takjub dengan kemampuan burung ini.

  • Kelinci

Kelinci tak perlu diragukan lagi kelucuannya. Hewan ini terkenal dengan kebiasannya yang suka melompat. Bulunya tebal dan gigi depannya sangat lucu. Cocok jadi peliharaan anak-anak.

No comments yet

leave a comment

*

*

*