Fakta Siti Habibah, Ibunda SBY yang Meninggal Dunia

Fakta Siti Habibah
Fakta Siti Habibah, Ibunda SBY yang Meninggal Dunia

Fakta Siti Habibah – Duka kembali melanda Susilo Bambang Yudhoyono, lantaran sang ibunda tercinta, Siti Habibah, meninggal dunia pada Jumat (30/8) di RS Mitra Keluarga Cibubur. Hanya berjarak tiga bulan sejak kematian sang istri, air mata SBY yang belum kering bagai merembes kembali. Membawa kesan, jika 2019 merupakan tahun yang pedih bagi Bapak SBY dan keluarga.

Sosok yang kerap disapa Eyang Habibah itu sempat dirawat intensif di rumah sakit sejak Kamis (8/8), karena kondisinya tiba-tiba menurun. Meski sempat dinyatakan membaik, namun faktor usia dan juga sakit yang dideritanya membuat Eyang Habibah harus ‘berpulang’ akibat penyakit komplikasi.

Hubungan antara Eyang Habibah dengan SBY amatlah dekat. Itu karena SBY merupakan anak semata wayang dari Eyang Habibah dan suaminya, Raden Soekotjo.

Untuk mengenang sosok Eyang Habibah, berikut rangkuman tentang fakta-fakta Siti Habibah.

  • Dekat dengan Keluarga

Sosoknya yang hangat membuat Eyang Habibah dekat dengan menantu juga cucu cicitnya. Tak heran jika kepergian dirinya membawa duka di hati keluarga.

Lewat unggahan Instagram, baik Annisa Pohan, Allya Rajasa, Ibas Yudhoyono, Agus Yudhoyono, juga si cicit Almira Yudhoyono mengunggah foto dan caption kesedihannya sepeninggal Eyang Habibah.

  • Pernah Hidup Sendiri

Setelah Raden Soekotjo meninggal dunia, Eyang Habibah pernah hidup seorang diri karena SBY sedang menempuh pendidikan Militer di Magelang, Jawa Timur. Setelah cukup lama tinggal seorang diri, Eyang Habibah akhirnya tinggal bersama adiknya di Jalan Bali nomor 8.

  • Keluarga Santri

Sejak kecil, Eyang Habibah dibesarkan di keluarga santri. Ia merupakan salah satu putri pendiri Pondok Pesantren Tremas di Pacitan, Jawa Timur.

Suaminya, Raden Soekotjo, bahkan pernah menjadi pengajar di Pondok Pesantren tersebut setelah pensiun dari militer.

  • Pengagum Bung Karno

Semasa hidupnya, Eyang Habibah merupakan pengagum berat Soekarno. Ia cukup sering datang ziarah ke makam presiden pertama RI. Dalam buku yang ditulis SBY, SBY bercerita jika dirinya pernah beberapa kali diajak Eyang Habibah untuk berziarah ke makam Soekarno.

  • Dimakamkan di TPU Tanah Kusir

TPU Tanah Kusir merupakan tempat peristirahatan terakhir Eyang Habibah. Rombongan jenazah tiba di lokasi sekitar pukul 14.06 WIB. Dengan raut wajah sedih, putra semata wayangnya, SBY, menjadi orang pertama yang memasukkan tanah untuk menutup liang kubur Eyang Habibah. Disusul AHY yang turun ke liang lahat untuk menguburkan

No comments yet

leave a comment

*

*

*